Konfigurasi Access Point

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN/WAN secara Wireles.

Persiapan Bahan

  •  Pc
  • Tp Link
  • Kabel Straigh
  • Software Firefox

Sebelum saya melanjutkan untuk mensetting Access Point saya akan memberitahukan hal penting yang harus diingat oleh teman – teman bahwa Access Point TP-LINK bisa disetting sebagai :

1. Access Point Mode
2 . Client Mode
3. WDS / Universal Repeater Mode
4. Bridge Mode
5. Multi-SSID Mode

 

Langkah – Langkah

1. Setting IP Address Laptop
Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu menyamakan address antara access point dengan laptop sehingga berada pada satu network. Secara default, IP address access point jenis ini adalah
IP Address : 192.168.1.1
Netmask : 255.255.255.0
Kamu dapat memberikan ip address di laptop atau diatara ip 19.168.1.2 - 192.168.1.254 dengan netmask 255.255.255.0

2. Hubungkan access point dengan laptop atau pc dengan menggunakan kabel straight.

3. Buka web browser pada laptop, kemudian ketikkan alamat IP access point tersebut (192.168.1.1).

4. Akan muncul sebuah dialog Authentication Required. 
Isikan username dengan admin
isikan password dengan admin
Kemudian klik OK.

 Catatan : IP Address default AP biasanya 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.0.254. Sesuaikan dengan jenis Access Point milik Anda. Jika Access Point sudah dirubah alamat defaultnya dan kamu lupa atau tidak tahu berapa alamat ip nya maka reset access point tersebut.


#Tahap Konfigurasi Access Point

Pada tahap ini kita akan konfigurasi access point dengan menggunakan browser. Kamu dapat memilih browser sesuai dengan keinginan. Konfigurasi ini hanya seputar konfigurasi LAN, SSID dan DHCP dan tidak membahas tentang konfigurasi security.

1. Konfigurasi Network LAN
Konfigurasi ini hanya berlaku untuk jaringan LAN. artinya AP (Access point) dengan Laptop tersambung dengan menggunakan kabel. Konfigurasi ini akan mengubah alamat IP Access Point.
Caranya klik menu “Network” pada jendela sebelah kiri untuk mengatur tipe jaringan (Static IP / DHCP), main IP dari access point (IP local), dan subnet mask.

Jika kamu mengubah IP access point dengan ip yang baru, maka halaman web akan menghilang. Untuk menampilkannya kembali, Kamu harus ubah IP laptop sehingga menjadi satu network dengan IP access point yang baru. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :

setting network

2. Konfigurasi Jaringan WIFI (Setting SSID)
Konfigurasi ini digunakan untuk memilih mode wifi dan pemberian nama SSID.
Caranya klik menu “Wireless” Kemudian atur di Wireless settingnya.

Pengaturan yang perlu dilakukan adalah pengaturan SSID(nama wifi), Region, Channel, dan Mode. Yang lainnya adalah pengaturan opsional (tergantung kebutuhan). Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :

setting wifi

3. Konfigurasi DHCP
Konfigurasi ini digunakan untuk membuat jaringan dhcp sehingga nanti client akan mendapatkan alamat ip secara otamatis.

Caranya Klik Menu “DHCP” pada jendela sebelah kiri, kemudian pilih DHCP Settings.
Ubah mode DHCP Server menjadi Enable. Kemudian tentukan alamat ip dhcp yang akan diberikan ke client. Address Lease Time adalah pengaturan berapa lama client terhubung dengan access point. Kamu dapat mengaturnya pada pilihan ini. Sedangkan pilihan lain bersifat optional. Kamu dapat mengisinya sesuai kebutuhanmu. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :

setting dhcp access point tp link

4. Setelah semua pengaturan selesai, reboot access point dengan meng-klik System Tools kemudian pilih Reboot.

system tool
5. Setelah berhasil me-Reboot sekarang kita cek apakah Access Point yang kita setting tadi sudah muncul di Wireless Network.

Jika sudah muncul, maka Kita sudah selesai men-setting Acess Point. Lalu sambungkan AP-nya Kabel Jaringan INTERNET, tinggal koneckan ke wifi tersebut dan internetan sepuasnya.

 

Ingin lebih paham Klik Disini,,,,,,,

https://www.youtube.com/watch?v=-lS7xUP3nLE

Iklan